SURGA YANG TERSEMBUNYI DI PULAU ADONARA


Flores Timur merupakan suatu kabupaten kepulauan yang berada di ujung timur pulau Flores, Nusa Tenggara Timur, Kabupaten ini dibentuk berdasarkan Undang-undang no 69 Tahun 1958 tentang pembentukan Daerah-daerah tingkat II dalam wilayah Daerah-daerah Tingkat I Bali, NTB dan NTT.

Luas wilayah 1. 813 km2, ibukota kabupatan ini adalah Larantuka, Flores Timur memiliki dua pulau pendukung yaitu yang pertama pulau adonara dan yang kedua pulau solor, nah teman-teman pembaca yang budiman disini akan dibahas kali ini adalah surga yang tesembunyi di pulau Adonara.

Secara histirosnya nama Adonara merupakan gabungan dua kata lamaholot yaitu ado dan nara. Ado merupakan nama laki-laki pertama yang mendiami pulau adonara yaitu kelake ado pehan; sedangkan nara artinya kampung, bangsa, kaum atau kerabat. Luas wilyah adonara 509 km2, dan titik tertingginya 1.676 m. 
pulau ini dibatasi oleh laut flores di sebelah utara, selat solor di bagian selatan, serta selat lewotobi di barat yang memishkan dengan pulau flores. Tentunya pulau ini memiliki objek wisata yang tidak kalah indahnyha dengan objek-objek wista yang ada di indonesia.

Ada tiga objek wisata di pulau adonara yang sangat menarik untuk dinikmati keindahan alamnya antara lain :

1.Pasir Timbul Meko


Menelusuri lebih dalam keindahan kepingan surga yang tersembunyi surga itu adalah Pasir timbul meko atau yang lebih dikenal dengan pantai meko, pasir timbul meko itu terletak di Dusun Meko, Kecamatan Witihama Pulau Adonara, berdasarkan keterangan dari warga setempat penamaan pasir timbul ini dikarenakan terdapat gundukan pasir ditengah laut seperti pulau kecil yang tak berpenghuni, luasnya sekitar kurang dari 1 kilo meter persegi. 
Pasir putih dengan perpaduan warna pink dan keindahan laut yang biru seolah-olah membayar semua perjalanan yang begitu panjang, pasir yang berwarna pink itu berasal dari karang yang hancur.
Selain keunikan pasir timbul meko, kawasan meko mempunyai pemandangan yang luar biasa menakjubkan dengan landscape pantai dan lautnya yang masih begitu jerni dan alami. Bila air laut pasang pantai timbul meko akan tenggelam dan seolah-olah tidak ada. Untuk mencapai pasir timbul meko, wisatawan menempuh perjalanan yang amat cukup jauh dari ibu kota kabupaten yaitu larantuka.
Sesampainya di dusun meko wisatawan dapat menyewah perahu nelayan lokal dengan tarif harga berkisar Rp. 400.000 PP. Waktu yang tepat untuk berkunjung ke pasir timbul meko ini adalah pada siang sampai sore hari. 

2.Pantai Watotena


Selain kepingan surga yang tersembunyi pasir timbul meko, Pulau adonara juga memilki pantai yang begitu cantik pantai itu dinamai pantai watotena, nama pantai ini sebenarnya adalah neren watotena, tapi warga Adonara biasa menyebutnya pantai wototena, pantai watotena ini berada di Desa Nelerereng, Kecamatan ile boleng, Adonara Timur Kabupaten Flores Timur.
Nama watotena sendiri berarti perahu dari batu (dalam Bahasa Adonara) atau batu yang berbentuk perahu.
Pemandangan di pantai ini sangat indah, dengan deburan ombak perlahan dan hembusan angin pantai yang menyejukan jiwa serta berlatarkan Gunung Ile boleng yang berdiri dengan gagahnya. Pantai watotena sangat menawan hati, dengan pasir putih bersiih membuat siapa saja yang berkunjung jatuh hati dengan pantai ini.
Selain pasir putih dan laut biru, daya tarik tarik pantai ini adalah batu-batu magma dengan beraneka bentuk yang menghiasi bibir pantai. 
Kebersihan sangat dijaga di pantai ini tentu saja menjadi prioritas pertama, wisatawan dilarang  membuang sampah sembarangan, dilarang membawa minuman beralkohol.
Untuk mencapai pantai watotena wisatawan bisa menggunakan jalur darat dan jalur laut. Jarak dari ibu kota kabupaten flores timur kurang lebih 2 jam perjalanan, jalur laut wisatawan akan disuguhkan pemandangan pulau adonara yang eksotik dan jika menggunakan jalur darat wisatwan akan diuji adrenalinenya bebukitan pulau adonara.

3.Puncak Ile Boleng


Menikmati keindahan diketinggian ile boleng dengan pemandangan yang begitu menakjubkan. Gunung ile boleng merupakan gunung tertiggi di pulau Adonara, dan satu-satunya gunung merapi yanga ada di pulau Adonara. Gunung ile boleng mempunyai ketinggian 1.659 meter dari permukaan laut, menempati urutan ke 2 tertinggi di kabupaten flores timur setelah gunung lewotobi.
Gunung ile boleng memiliki sekian banyak kawah K1 – K5 atau kawah mutlak dan kawah riawale, disisi utara ile boleng terdapat aneka acam jenis burung, disisi barat terlihat desa sagu. Mitos yang berkembang apakah ini benar atau tidaknya jika anda ingin mendaki ile boleng anda tidak boleh memakai baju yang berwarna merah dan membawa dompet. Pantangannya selama berada di puncak ile boleng pendaki dilarang mengeluar bahasa kasar atau makian dsbnya.
Ada tiga jalur pendakian menuju puncak ile boleng, dari selatan yaitu dari kampung lamaleh bagian atas untuk mencapai puncak dibutuhkan waktu 6 jam.
Dari utara yaitu dari kampung dua muda, perjalan dari kampung dua muda ditempuh untuk mencapai puncak sekitar 5 jam dan jalaur ini yang biasa digunakan oleh para pendaki untuk samapai ke puncak ile boleng dan jalur ini merupakan jalur yang tidak begitu ekstrim, tiga dari kampung lamabayung, dari kampung ini perjalanan untuk menuju ke puncak ile boleng dibutuhkan waktu 6 jam perjalnan.
Jika ingin menikmati pemandangan alam pagi hari dengan sunrise yang begitu menakjubkan, maka pendakian dilakukan pada malam hari. Saat tiba di puncak ile boleng rasa lelah selama pendakian akan hilang seketika, terbayar oleh pemandangan alam pengunungan yang menakjubkan berada di depan mata.

Sekian share tentang surga yang tersebunyi di pulau adonara, jika teman-teman berkesan silakan mengunjungi pulau adonara yang begitu eksotik… 
Terimah kasih….
Selamat berpetualangan di pulau Adonara

Comments